Randiaz Blog




Ada yang pernah dengar istilah judul diatas sebelumnya ?

Belakangan akhir – akhir minggu ini, kata tersebut sering sekali saya temui baik itu melalui situasi formal maupun non-formal. Hal ini mendorong benak saya untuk mencari tahu apa arti – kata tersebut dan menuangkannya melalui bahasa saya sendiri tentunya.

Maka sedikit pemikiran atau opini saya di bawah ini kiranya kurang lebih dapat kamu pahami nantinya (((semoga))).

Humblebrag (/’həmbəlbrag/)
Sesuai dengan susunan katanya, Humblebrag itu sendiri terdiri dari 2 kata yaitu humble dan brag. Humble yang artinya rendah hati dan Brag artinya sombong/menyombongkan. Kira – kira kalau diartikan secara kasar Humblebrag adalah menyombongkan segala sesuatu tapi dengan sikap rendah hati.

Terpaksa deh gue makai Lamborghini-nya bokap buat ke kampus, soalnya Bugatti gue lagi dikirim ke zimbabwe buat diservice. Semoga bokap gak telat pas meeting di kantornya”

Duh, kasian ya bokap gue keluar duit lagi, kan gue udah punya iPhone 8 masa di beliin iPhone 9 lagi” 

“Semoga mereka semua suka ceker Godzilla balado buatan gue, kan gak gampang nyari Godzilla di sini” “…” *oke yang terakhir udah kelihatan senga*

Biasanya fenomena Humblebragging seperti ini tak jarang sering kita temui di status media sosial baik itu melalui Facebook, Instagram, Path dan media - media sosial lainnya. Secara tak sadar fenomena Humblebrag sendiri juga pasti pernah kita alami, sekalipun itu hanya berupa sebuah foto.

Misalnya saja, ketika kamu kebetulan sedang ngopi di salah satu café dan kamu sedang baca buku tebal nan ratusan halaman. Karena kamu tidak mau kehilangan momen tersebut, kamu tanpa sengaja memposting kegiatan kamu di beberapa media sosial dalam bentuk foto dengan kopi dan buku yang tebal tadi di letakkan secara berdampingan. Secara tidak sadar kamu sudah terlibat dalam fenomena Humblebrag itu sendiri. Loh kenapa ?

Kalau di kaitkan dengan Humblebrag, Kopi yang dipesan hanyalah sebuah ‘kamuflase’ untuk memamerkan buku bacaan yang tebal agar dilihat oleh orang bahwa kita adalah seseorang yang intelek dan berwawasan yang luas.

Lalu, salahkah jika kita meng-humblebragging lalu menerapkannya di kehidupan sehari – hari ?

Tentu saja tidak, dalam konteks Marketing di dunia bisnis, Humblebrag sendiri juga banyak di gunakan dalam memamerkan suatu produk dengan cara promosi yang tidak terkesan polos atau kasar. Karena suatu produk yang di promosikan secara berlebihan, bisa saja membuat produk yang dipromosikan terlihat lebih dipaksakan atau terkesan norak di benak para konsumen.

Intinya Humblebragging itu sendiri merupakan Pamer yang terselubung.

Jadi sekali lagi, pendefinisian Humblebrag diatas hanyalah merupakan sekelumit opini dan imajinasi si penulis, jika memang terkesan menyimpang atau tidak sesuai dengan pendefinisianmu. Bisa kamu sampaikan di kolom komentar.

Oh iya, tulisan ini juga merupakan debut saya di tahun ini dalam menulis setelah ke sekian kalinya hiatus nge-blog. Bwahahaha….




Assalamu’alaikum....
Fyuuhh......  setelah hampir 5 bulan hiatus nge-blog dan bikin komentar rusuh di blog – blog orang lain, gue akhirnya nge-blog lagi. *yo maaaan!!* bagi yang kangen muntah-muntah atau keluar masuk rumah sakit setelah baca postingan-postingan gue yang *gue-sendiri-gak-tau-isinya-tentang-apaan* ini mungkin bakal jadi pengobat rindu yang pas bagi pembaca postingan di blog gue.. *krik krik*

Oke, minggu kemarin tepatnya 25 mei *Iya, postingannya telat seminggu T.T* ceritanya gue baru saja ikut “Kopdar Blogger Banjarmasin yang ke-2.” yang super epic keren.. *uyeeaah...* | Cerita gue tentang kopdar blogger banjarmasin yang pertama bisa diliat disini...

Jadi gini, Adittya Regas a.k.a yang mengaku “Blogger Galau dan sudah Muph On” ini punya niat ngadain Kopdar (((lagi))), sebagai orang yang di percaya dan punya wajah kasian yang tepat untuk memohon para blogger untuk hadir di acara tersebut. *ampuni aku dit *  maka dengan sukarela Adit rela bersedia menjadi koordinator sekaligus menjadi pembicara di acara kopdar  tersebut. *fix, orang ini keren!*

Dan kagetnya si Adit nyeletuk kalau kopdarnya bakalan di adain di gerobak, tepatnya di Gerobak Cokelat. *setidaknya bertambah keren setelah ada kata cokelat-nya*, ternyata perkiraan gue meleset, tempat yang adit maksud itu ternyata sebuah café ya sebuah Café Tempatnya lumayan keren, adem, dan cozy-cozy gitu.......



Berbeda dari Kopdar sebelumnya, yang awalnya bertemu-kenalan-terus-pulang-gak-bayar-makanan-bawa-ilmu-apa-apa. Nah, di kopdar kali ini ada acara diskusinya. Bahan yang di diskusikan juga lumayan bermanfaat ada yang ngebahas tentang seputar teknis nge-blog, ada juga ngebahas tentang gimana ngasilin duit dari nge-blog. dll *epic lah*



Acara tersebut juga banyak di hadiri oleh blogger - blogger yang membawa ciri khas dari genre mereka masing – masing: ada Blogger Kultur, Blogger Sastra , Photo Blogger, Blogger Dollar dan Random Blogger (mungkin gue termasuk dalam kategori ini).

Selain ajang untuk sarana diskusi dan bertukar cerita tentang pengalaman selama nge-blog, di acara kopdar kemarin juga menjadi pertemuan sepupu yang terselubung dan pertemuan mantan yang tidak terduga. *uhuk...* *oke yang ini no mention*

Yaps, kayaknya segitu dulu cerita dan pengalaman yang dapat gue bagi tentang kopdar kemarin. Terima kasih gue buat sesepuh – sesepuh dari Blogger Banua yang sudah berbaik hati dan tidak sungkan untuk membagi ilmu - ilmunya tentang nyari sesuap nasi di Blog, dan buat teman – teman lain dari Komunitas Blogger Energy ada Bayu dan Robi, dan Bang Beta dari Jamban Blogger, serta tak lupa juga buat yang lainnya ada Penulis Buku keren Mr.Bahdur, Taufiq, Altairè (yang jelas orangnya bukan keturunan Perancis), dan para Bidadari – bidadari tanpa sayap Lidya (GaluhBanjar), Nadya, Sekar, Fatimah, Suli. dll (yang lupa disebutkan namanya maaf ulun kada sempurna)

Serta, Buat abang – abang PCC Banjarmasin yang sudah mendokumentasikan acara kemarin. *We Salute You Gaezzz!*

Dan hormat serta salut gue yang sebesar – besarnya kepada Adit yang sudah mau jadi sukarelawan buat jadi koordinator dan pembicara di kopdar minggu kemarin. Tanpamu kami hanya butiran kutu, dit.

So, gue harap kopdar kita gak berhenti sampai disini saja, acaranya bukan sekedar kumpul – kumpul doang tapi ada sesuatu yang kita dapat bagi kepada Blogger – Blogger lain.  KARENA BERBAGI ITU GAK PERNAH RUGI! *Yoo maaan!*

Acara pun ditutup dengan foto bersama, *pose gue, apa banget -___-*

Uyeaaah....


Photo by: Enal & Khai V.
Sotosop-ed by: Adittya Regas

Jamban Blogger



Satu – satunya FORUM BLOGGER INDONESIA yang gue kenal ini, lumayan sudah cukup banyak berjasa juga dalam membangun trafik visitor gue selama awal – awal nge-Blog. Gue yang biasa posting Blog gak pernah ada yang berkomentar, kalau ada yang visit ke blog gue sekali pun gue yakin orang tersebut nyasar karena salah nulis keyword di mesin pencari.

Lalu setelah gue gabung ke Forum Jamban Blogger dan nge-submit beberapa postingan gue disana, hasilnya luar biasa, trafik blog gue naik lumayan signifikan dari biasanya dan alhasil gue jadi punya banyak teman – teman ngeblog juga yang seru buat di ajak ngobrol seputar teknis tentang blog. *Keren!!!*

Nah, sebagai ucapan terima kasih gue kepada Jamban Blogger yang telah berperan penting dalam sejarah gue selama nge-Blog, maka dari itu gue mau ngasih hadiah berupa Perumahan Real Estate di pinggir sungai Amazon lengkap dengan swimming pool penuh piranha sebuah Review terhadap Jamban Blogger . Yaps, semoga dengan Review gue yang sederhana ini Jamban Blogger dapat menjadi Forum Blogger Indonesia yang tetap nyaman dan ramah untuk selalu dikunjungi oleh member – membernya.

Oke, kayaknya review kali ini gue awali dengan membahas dari sisi Tampilan, Konten, baru setelah itu harapan kedepannya untuk Jamban Blogger, aku sih optimis kita cocok *benerin sarung*.





TAMPILAN

Tampilan Homepage Jamban Blogger

Tampilannya yang elegan dan simple, entah kenapa gue merasa betah banget nangkring dan ngobrol sesama member Jamban Blogger dimari, melebihi lama para jomblo berada di kamar mandi. *Ah syudahlaa..*

- Selain itu Jamban Blogger juga menerapkan sistem pangkat buat para membernya seperti halnya pada forum lain, namun bedanya di Jamban Blogger sistem pangkatnya bukan berdasarkan jumlah yang sudah di post, melainkan seberapa banyak Like yang kita dapat hasil dari apa yang sudah kita post di forum. *Oke gak tuh sob ?*




KONTEN

Kategori Konten Jamban Blogger

- PADA KATEGORI JAMBAN BLOGGER:

1. Jamban Info: Kita bisa nemuin beberapa info yang wajib buat para member Jamban Blogger seperti "Gimana cara gabung Jamban Blogger ?", "Ikut berpatisipasi dalam Tematic Blog JB" dan Informasi Teknis Jamban Blogger lainnya.

2. Jamban Update: Nah, disini lo bakal nemuin beberapa informasi betapa eksisnya Jamban Blogger sob, dari pernah masuk TV, Majalah, sampai ngeksis bareng tokoh seniman juga loh. Penasaran ? Gabung sekarang aja sob!

- PADA FORUM KATEGORI SHARE:

1. Forum Kenalan buat member baru: Disini lo bakalan banyak ketemu member yang baru bergabung dengan Jamban Blogger, dan sekalian bisa kepo - kepoin blog atau saling berbagi ilmu tentang nge-Blog. *wih seru*

2. Numpang Jamban: Seperti slogan Jamban Blogger: "Apapun bentuk tulisannya, disini ngumpulnya" , nah disini lo bakalan nemu banyak postingan para member Jamban Blogger yang bisa lo jadikan aktivitas untuk Blogwalking. Selain itu lo juga bisa sharing Tips atau Tutorial seputar teknis blog dan info - infoin Lomba Blog loh. 

3. Artwork: Jago ngegambar, tapi gak punya media yang tepat untuk meng-eksposnya ? maka di Forum Artwork ini lo bisa posting hasil artwork - artwork lo dan bisa saling sharing dengan para Master atau Ahli dalam tentang gambar - ngegambar. 

- PADA FORUM KATEGORI THE LOUNGE:

1. Balkon: Disini lo bisa ngobrol bebas apa aja ke sesama member Jamban Blogger lain, mau ngomongin apa juga terserah. Asal jangan nanya, "gimana cara gedein lubang hidung kayak Adminnya Raditya Dika aja sih."

2. Tanya - Tanya: Di Forum ini lo bisa nanya apa aja seputar tentang Teknis Menulis, nge-Blog dan semacamnya, atau lo mungkin bisa ngasih sedikit tips tentang hal tadi juga bisa. 

3. Curhat: Lo punya masalah di hidup lo yang belum terselesaikan ? seperti "Punya pacar banyak tapi gak bahagia ?" "Sendal lo ilang di mesjid ?" maka di Forum Curhat inilah lo bisa curahin isi hati lo, dan dengan senang hati para member Jamban Blogger disini membantu meringankan masalah lo. 

4. Review Blog: Mau Blog atau websitenya di Review dan mendapat masukan dari para Member Jamban Blogger ? maka di Forum ini lah lo bisa, Blog atau Website lo di review sama mereka. Gue jamin masukan mereka sangat efektif dan membantu sekali dalam mengembangkan Blog atau Website lo baik dari segi tampilan maupun dari segi Konten.



HARAPAN GUE TERHADAP JAMBAN BLOGGER: 

"Semoga Jamban Blogger tetap menjadi FORUM BLOGGER NO.1 INDONESIA dan semakin di cintai oleh semua membernya. Serta dapat mewadahi para Blogger - Blogger yang kreatif dan inovatif." 



Gak kerasa udah 2014 aja nih, gak kerasa udah deket valentine aja nih *uhuk*, gak kerasa udah deket lebaran aja nih. 

Ngomongin 2014, ternyata beberapa hari setelah tahun baruannya, harus gue awali dengan ‘Final Test’ loh ?! which is habis tahun baruan, gue mesti nyiapin mental untuk ngadepin ‘Pinaltes’ ini. (baca huruf T nya gak pake qolqolah).

Yap, selalu ada hal yang merenggut setiap kesenangan, di balik liburan yang menyenangkan. *hiks* (sumpah curhatan yang ini gak penting banget)

Fyi aja sih, postingan kali ini gue gak bakalan ngomongin tentang gimana gue pas Final Test-nya kok, kalo gak percaya, yaudah baca aja sampai abis sob!

Gara – gara dikenalin dengan game yang satu ini oleh teman gue yang namanya enggan disebutkan, jiwa nge-game gue tiba – tiba kalap gak karuan. Waktu libur jeda semester yang seharusnya gue manfaatin untuk meliburkan diri dari kegiatan kampus – mengampus terpaksa gue habiskan dengan menjelajahi seisi dari Game yang sialan ini. *sialan telah menyita waktu gue*


Pagi Buta jam 05.00, Bara yang tertidur lelap memimpikan dapat warisan harta kekayaan Bill Gates tiba - tiba terbangun dikejutkan oleh suara alarm ringtone ‘Open Dikit Josh’ dari HP nya. Ya, Bara sengaja mensetting alarm jamnya sepagi itu demi tidak terlambat ke kelasnya Pak Jedi (panggil saja Pak jed), Pak Jed adalah seorang Dokill (baca: Dosen Killer) yang terkenal di Kampus, gelar tersebut diberikan oleh seluruh mahasiswa disana karena kebengisan beliau yang menghukum mahasiswanya karena sering terlambat kekelasnya dengan lari kayang satu tangan mengelilingi parkiran kampus. *ya kali..*